Selasa, 10 Desember 2013

Kuningan – wisata serba dekat dan menyenangkan

Perjalanan awal tahun 2010. Start di subuh subuh hari 1 Januari 2010. Perjalanan benar benar lengang … mungkin orang orang masih pada tidur setelah ramai ramaian  malam tahun baru. Tujuan kali ini adalah wisata Kuningan.


Di Kuningan ini banyak tempat wisata dan jaraknya cukup berdekatan dan biayanya terbilang ekonomis. Udara di Kuningan sejuk … cocok deh untuk beristirahat dan berekreasi.
Beberapa pilihan wisata di kuningan :
-           -  Pemandian Air Panas SangkanHurip
-            - Curug Sidomba
-            - Curug Putri
-            - Kolam Cigugur
-            - Kolam Cibulan
-            - Balong Keramat Dharmaloka
-            - Gedung Perundingan Linggarjati
-            - Waduk Darma
-            - Paseban Tri Panca Tunggal
-            - Taman Purbakala Cipari

Sampai di Sangkan Hurip Kuningan jam 8-an, setalah muter muter cari hotel atau penginapan yang penuh penuh karena peak season liburan akhir tahun, akhirnya dapat penginapan yang cukup murah dan bersih serta ada kolam renang air panas alaminya.



Trip wisata yang dilakukan :




MUSEUM PERUNDINGAN LINGGAR JATI
Dari jalan utama Kuningan menuju kea rah museum ini jalanannya cukup lebar dan mulus. Museum ini
terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus di kaki gunung Ciremai. Museum Linggarjati merupakan tempat perjanjian untuk mengakhiri perselisihan antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Belanda dan Negara Inggris sebagai penengahnya.
Suasana di sini sangat menyenangkan, ruang ruangnya terawat dan terjaga. Tamannya … gede bener …






CURUG SIDOMBA
Untuk menuju Curug Sidomba, jalanannya menanjak tapi tidak curam dan jalanannya bagus.
Letak curug ini di kaki gunung Ciremai, di desa Peusing. Dinamakan Curug Sidomba karena dulunya tempat memandikan domba. Sekarang area ini di tata
Fasilitas hiburan disini cukup lengkap termasuk masjid yang bagus. Tiket masuk area ini sedikit lebih mahal dari area wisata di Kuningan, tapi tetap tidak mahal. Saya lupa biaya masuknya.
Berhubung waktu kesana di tempat ini cukup ramai, jadi tidak berlama lama di sini dan tidak sempat foto foto.


KOLAM CIBULAN
Kolam Cibulan aksesnya sangat mudah dan dekat dari Sangkanhurip.
Disini kita bisa berenang bersama ikan Dewa (kancra bodas). Terdapat 2 buah kolam.
Mitosnya bahwa ikan-ikan Dewa tersebut  adalah prajurit-prajurit yang membangkang pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi sehingga mereka dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan. Konon ikan-ikan ini dari dulu sampai sekarang tidak pernah bertambah ataupun berkurang jumlahnya. Karena dikeramatkan, maka tidak ada yang berani menangkap ikan tersebut.

Disebelah sudut belakang terdapat 7 sumber mata air keramat.  Untuk masuk kesini kita bayar ke guide seikhlasnya. Ketujuh mata air tersebut berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing memiliki nama, yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.  Menurut legenda, disana juga merupakan tempat Prabu Siliwangi beristirahat ketika pulang dari perang Bubat.




foto foto sumur sumur keramat





TAMAN PURBA CIPARI
Taman purbakala Cipari adalah sebuah situs prasejarah peniggalan komunitas manusia purba yang hidup di zaman megalitikum.  Peti kubur yang terdapat di taman purbakala Cigugur ini masih tertata dengan baik. Di sini juga terdapat punden berundak. Suatu bangunan yang tersusun dari batu. Di area Taman Purba Cipari terdapat museum megalitikum.
Letak Taman Purba Cipari ini ada di tengah tengah pemukiman penduduk desa. Arena parkirnya cukup luas. Tidak ada biaya masuk ke area ini.
Pada saat kami kesana, tempat ini sepi tidak ada wisatawan lain yang dating.









WADUK DARMA
Waduk ini letaknya di tepi jalan utama, dari arah Kuningan menuju Majalengka. Selain berfungsi sebagai penampung air, Waduk Darma juga dijadikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga.
Disini kita bisa bermain perahu mengelilingi pulau kecil atau nonkrong nongkrong di tempat makan sambil memandangi keindahan di sekitar waduk.
Sayang pada saat kita disana turun hujan, jadi tidak berlama lama disana.





PEMANDIAN SANGKAN HURIP
Sangkan Hurip adalah tujuan utama orang berwisata ke daerah Kuningan. Disini terdapat sumber air panas alami. Di area Sangkan Hurip tersedia Hotel bintang 4 sampai penginapan. Wisatawan bisa masuk ke area Pemandian Umum yang tersedia, paling tidak lebih dari 2 pemandian umum atau berenang di Hotel yang menyediakan kolam renang. Kita menginap di hotel Sangkan Indah, disana sudah terdapat kolam renang air panas.

Kami sengaja terakhir datang ke tempat ini setelah berkeliling ke tempat tempat wisata. Sambil berendam di kolam air panas.



LEMBAH CILENGKRANG
Sengaja trip ini dipisah dan disiapkan untuk seharian karena rencananya mau hiking ke curug cilengkrang. Letaknya tidak jauh dari Sangkan Hurip, di kaki gunung Ciremai. Jalanan mobil menanjak terus tapi tidak ekstrem, melewati kampung kampung lalu masuk ke daerah kebun kebun penduduk. Akhirnya jalanan aspalnya habis dan masuk ke are jalanan tanah. Mobil parkir di ujung jalan aspal ini di sekitar rumah penduduk. Parkirannya sangat kecil, untung waktu kesana sepi.
Start hiking … jalanan menanjak .. terus menanjak … terus menanjak …. Anak anak sudah gempor … tidak tahu sudah berapa lama dan berapa kilo, kayaknya belum jauh banget … hanya nanjak aja … ketemu orang yang turun danbertanyalah kita .. dan jawabannya “ohhh masih jauh om …” jalan lagi, Tanya lagi …”masih jauh om …” karena melihat kondisi anak anak … akhirnya diputuskan cukup sampai disini aja .. he he he …. Waktunya puangnya terasa lebih cepat karena jalanan menurun ke bawah.



Kesimpulan
Trip wisata ke Kuningan sangat recommended deh …
Satu lagi, makanan yang khas di Kuningan adalah rujak kangkung, layak untuk dicoba dan dirasakan.

Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar