Senin, 09 Desember 2013

Berwisata ke Cilacap


Cilacap memang bukan tempat favorit liburan … jadi mengapa tidak kita jalan jalan kesana. Beberapa kelebihan jika berliburan ke Cilacap (versi saya) ; tempat wisatanya cukup banyak, jaraknya berdekatan, tempatnya tidak ramai, jalanan disana tidak macet, jarak tempuh dari Jakarta jika berkendara mobil kurang dari 10 jam.
Berangkat pagi dari Jakarta, melewati tol Cipularang, Nagrek, Banjar dan kemudian sampai di Cilacap. Sepanjang perjalanan selepas Cicalengka, banyak sekali ketemu kelompok motor touring dari berbagai merek, sampai rat scooter juga banyak bertebaran di jalanan .. hehe .. Tahunya mereka mengarah ke pantai Pangandaran ada event kumpul klub klub motor disana.
Akhirnya kita sampai di Cilacap jam 2-an. Setelah check in dulu di hotel, berhubung waktu masih banyak, kita jalan jalan ke pantai Teluk Penyu. Di Cilacap serba dekat dan tidak ada macet, jadi dari hotel ke Pantai dapat dicapai dalam 5 – 10 menit berkendara.

Tempat wisata di Cilacap :
Benteng Pendem Teluk Penyu
Kampung laut di daerah Nusakambangan barat
Benteng Pendem Nusakambangan
Gunung Srandil, tempat orang berziarah atau wisata religi.
Pantai Jetis
Pantai Ketapang indah
Museum Soesilo Soedarman
Pantai Widarapayung

Piliha yang saya lakukan adalah :
Benteng Pendem Teluk Penyu – Main di pantai teluk Penyu - Pulau Nusa Kambangan ; Pantai pasir putih  dan Benteng Pendem Nusakambangan – naik perahu menyusuri segara anakan melihat LP.





Hari kedua
BENTENG PENDEM TELUK PENYU
Lokasi Benteng Pendem Teluk Penyu ada di Pantai Teluk Penyu pastinya … Letak pantai Teluk Penyu ini ada di kota Cilacap-nya.
Untuk menuju benteng, setelah masuk ke area pantai Teluk Penyu, di jalanan di ujung pantai belok ke kiri atau ke arah kilang minyak Pertamina area 70.  Benteng ini letaknya di tepi pantai. Lebih baik sih parkir mobil di daerah benteng ini, lebih aman dan nyaman. Bisa sekalian bermain di tepi pantainya dan jika mau naik perahu ke pulau Nusakambangan banyak nelayan yang menawarkan disini.
Benteng Pendem Teluk Penyu didirikan tahun 1861 dan  membutuhkan waktu pembangunan 18 tahun. Benteng dipakai sebagai pertahanan Belanda.  Memang sebagian bangunannya di pendem ke dalam tanah sesuai namanya.




Di dalam benteng ada rusa rusa jinak berkeliaran, bangunan benteng tidak begitu besar, sehingga tidak begitu capek untuk mengelilinginya. Lebih baik untuk memakai jasa guide sehingga mendapatkan banyak informasi dan sejarah mengenai benteng ini, termasuk tempat tempat yang di jadikan ruang tahanan yang bisa membikin merinding .. hiiii. Dengan guide kita akan di bawa masuk masuk ke dalam lorong lorong .. jadinya lebih seru.


PANTAI TELUK PENYU
Pantainya terbilang relative bersih, pantainya panjang dengan pasir warna gelap. Ombaknya lumayan besar, tapi tidak terlalu besar karena terhalang sama pulau Nusakambangan.
Jika bosan bermain di pantai, bisa menyebrang ke Pulau Nusakambangan. Paling mudah naik perahunya di daerah depan Benteng Pendem. Tinggal tawar tawar saja, harganya tidak terlalu mahal.
Di area Pantai Teluk Penyu, banyak sekali rumah makan ikan bakar. Bisa makan ikan bakar laut yang masih segar.





PULAU NUSAKAMBANGAN
Tadinya ingin masuk ke Pulau Nusakambangan ke area Lapasnya. Tapi ternyata harus pakai ijin khusus. Untuk masuk ke area lapas ada dermaga khusus.
Tapi untuk main ke area wisatanya tidak perlu ijin. Tinggal nyebrang saja pakai perahu. Hanya perlu waktu 10 - 15 menitan.
Di pulau Nusakambangan ini ada loket karcisnya untuk bayar, murah koq. Vegetasi hutan di sini sangat padat, benar benar hutan, tidak tahu ada binatang apa saja. Jadi letak area wisata Tapi untuk menuju ke lokasi wisata sudah di buatkan jalan setapaknya yang cukup lebar dan nyaman.
Di area wisata pulau Nusakambangan ada beberapa tempat yang bisa di kunjungi.
Yang pertama dan paling dekat dengan loket karcis adalah gua. Terdapat 2 gua, kedua gua ini letaknya berdekatan ;  gua Eyang Wirya lodra dan gua Eyang Naga raja. Biasanya gua disini dipakai untuk semedi. Kedua gua tidak terlalu besar. Khusus gua Eyang Wirya lodra memiliki stalaktit dan stalakmit yang cukup menarik.

                                Gua Pertama 




Dari loket jika mengikuti jalan setapak yang lebar ini kita akan sampai di pantai pasir putih pertama, kita bisa bermain main disini.

                                Pantai Pasir Putih Pertama

Dekat pantai pasir putih ini, ada gerbang benteng Karang Bolong. Masuk ke dalam maka kita akan menemukan reruntuhan gedung benteng utama. Di salah satu sisi, ada jendela atau pintu kecil dari benteng dan langsung ke jurang, kata guide itu untuk melempar mati para tahanan … hiyyyy.


Jika masuk ke dalam benteng, lebih baik bawa guide atau ikut rombongan. Tempat di dalamnya menarik untuk di lihat lihat. Termasuk ruang tahanan bertingkat yang kecil …. Huuu kejam benar.



Dari benteng ini, bisa tembus ke pantai pasir putih lainnya. Sama seperti pantai pasir putih pertama, pantainya tidak terlalu besar. Namanya Pantai Karang Pandan. Tapi lebih bersih dari sampah pengunjung daripada pasir putih pertama. Kebiasaan kita …. Suka nyampah sembarangan.

                                Pasir Putih 2




Ada orang yang menawarkan untuk wisata ke area penjara, tapi bayarannya mahal. Akhirnya karena penasaran, maka sewa perahu untuk menyusuri sungai melihat gedung lapas dari dekat. Hanya bayar 150 ribu. Cukuplah untuk membayar rasa penasaran, dengan melintasi daerah Segara Anakan, melintasi pohon pohon bakau.

                                Bangunan LP


PANTAI WIDARAPAYUNG
Hari kedua, kita puter puter kota Cilacap kemudian di lanjutkan ke Pantai Widarapayung. Pantai ni memiliki ombak yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk berselancar.
Untuk mencapai pantai ini yang letaknya 35 km dari Cilacap, harus melewati jalanan bersejarah, yang disebut jalan Daendels.  Pantainya cukup bersih, sehingga sangat menyenangkan bermain main di pantai ini.
Makanan khas daerah sini adalah Yutuk bukan youtube ya … sejenis kepiting laut. Rasakan bedanya deh ….







 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar