Selasa, 10 Desember 2013

Mendatangi Curug Sawer Bogor

Berangkat dari rumah sudah agak siangan, berhubung sedikit dadakan. Sikecil ingin jalan jalan … tapi maunya ke mall, daripada ke mall mending jalan jalan ke alam. Dibujuk bujukin dulu oleh papa mama dan abangnya … akhirnya mau jalan jalan ke curug daerah Bogor.



Rencananya dalam satu trip ini akan ke Curug Luhur dan Curug Sawer. Berhubung berangkatnya kesiangan dari Jakarta, di Jagorawi sih lancar. Mulai dari exit tol baru Bogor .. terus terusan sampai melewati kampus IPB jalanannya padat merayap terus …
Baru setelah belok kiri ke jalanan yang mengarah ke Curug Luhur, jalanan lengang. Tapi sampai Curug Luhur sudah siang siang banget .. akhirnya diputuskan tidak masuk Curug Luhur .. lebih baik langsung ke Curug Sawer. Pertimbangannya Curug Sawer ini tidak popular dan pasti akan tidak banyak pengunjung. Kalau di Curug Luhur .. banyak pengunjungnya, dan sudah ada kolam renang berkonsep waterbom.
Setelah perjalanan diteruskan sekitar 20 menitan dari curug Luhur sampailah di belokan menurun di Curug Sawer. Di GPS menunjukkan jalan ini. Berhenti sebentar ragu ragu .. karena jalanannya cukup curam dan hanya pas satu mobil. Dan seperti masuk ke hutan kecil. Akhirnya saya cek dulu dengan berjalan kaki ke bawah. Ternyata jalanan ini langsung ke parkiran area curug, dan jaraknya dekat dari jalan raya sekitar 50 m-an.
Akhirnya mobil di bawa masuk. Di parkiran tidak ada kendaraan lain dan tidak ada siapa2. Di dekat sana ada seperti kantor kecil. Setelah tanya ke kantor tersebut. Ternyata curug Sawer ini milik suatu perusahaan outbond dan menyediakan paket outbond. Tapi saat ini tidak ada kegiatan.
Setelah bayar mobil dan tiket masuk ke pegawai tersebut, dan ditunjukkan jalannya untuk mencapai curug. Maka dimulailah petualangan, dengan menyusuri jalanan setapak, turun ke bawah dan kemudian menyebrangi sungai kecil yang ada dam kecil.



Dan sampai di sejenis café yang kelihatan terbengkalai .. akhirnya terlihat curug Sawer dari sana. Kita harus turun lagi ke bawah. Kurang lebih 15 menitan jalan kaki dari parkiran ke curug ini.



Di curug ini, hanya ada 2 orang penduduk lokal yang sedang memancing.

Puas puasin anak anak bermain di sini, si kecil sangat gembira.


View Larger Map
Ket : B = Curug Luhur      C = Curug Sawer

Rutenya agak dibuat sedikit memutar, lebih jauh 5 km-an, karena ingin menunjukkan kampus IPB kepada anak anak.

 1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar