Kamis, 12 Desember 2013

Ngubek di sekitaran Alun Alun Bandung



Di Bandung banyak juga museum museum, letaknya tidak terlalu jauh, jadi bisa di kunjungi dalam sehari.
Jadi trip kali ini bertujuan untuk mengubek museum museum di Bandung yang letaknya tidak jauh dari alun alun Bandung.



MUSEUM SRI BADUGA
Museum ini menyimpan benda benda sejarah Sunda dan perjalanan sejarah di daerah Pasundan. Dimulai dari jaman prasejarah sampai masa masa kerajaan Sunda.
Banyak sekali koleksi yang dipamerkan disini. Semuanya menarik, dan ada beberapa diorama  yang menginformasikan kondisi di jaman dahulu. Berada disini serasa kembali ke masa lampau.
Letak museum ini ada di daerah Tegal lega Bandung di Jl. BKR (Lingkar Selatan). Tidak ada biaya masuk.





MUSEUM ASIA AFRIKA
Ini seharusnya gedung yang paling tekenal se Asia Afrika … hehe .. karena tahun 1955 diadakan konferensi se Asia Afrika untuk menjalin kerja sama ekonomi sekaligus membangun kesatuan antar negara-negara Asia dan Afrika.  Saya suka sekali lihat bentuk gedung ini. Biasa suka ada yang melakukan photo session di sekitar gedung ini.
Kita bisa berada di gedung utama tempat konferensi , terasa megah dan berwibawa. Selain itu juga kita bisa melihat diorama kejadian peristiwa pada saat itu.








KM 0 BANDUNG
Mumpung sedang ada di gedung Asia Afrika, kita berjalan sedikit kea rah Hotel Preanger Bandung. Di depan kantor Pekerjaan Umum (PU). Disana ada KM 0 (nol) Bandung. Ya .. paling tidak, kita tahu dimana KM 0 Bandung.





ALUN ALUN
Mumpung lagi … ada di daerah sini, kapan lagi main ke jantung kota Bandung … alun alun Bandung.
Melihat lihat apa saja yang ada di taman alun alun ini.  Jarang sekali lho … turis atau wisatawan dari luar kota main kesini …




MONUMEN PENJARA BANCEUY
Tidak jauh dari alun alun, ada bekas peninggalan penjara yang didirikan tahun 1871. Sekarang temat ini sudah berubah menjadi pertokokan. Jaman dahulu sejak jaman Belanda, umumnya di seitar alun alun ada ; Mesjd Agung, Kantor Pemerintahan da nada penjara. Sekarang penjaranya sudah tidak ada lagi disini. Hanya disisakan dua bagian penjara ; a. Menara Pengawas dan b. Sel no 5.
Di sel no 5 ini dahulu sempat di huni oleh Presiden pertama RI, Soekarno dan di sel ini pula Presiden Soekarno menyusun pembelaannya yang terkenal “Indonesie Klaagt Aan” atau Indonesia Menggugat.
Sel no 5 ini berada di tengah kompek perkantoran dan toko toko.



BRAGA
Jalan yang bersejarah dan terkenal sejak zaman dahulu. Di jalan ini, lebih baik kita berjalan kaki menyusuri jalan Braga, melihat bangunan bangunan tua. Menurut saya kern banget, apalagi jika di aerah ini di tata, pasti sangat menari. Disini kita bisa mengaso di beberapa tempat yang sudah ada lama disini, menjadi bagian dari saksi perjalanan jalan Braga. Di jalanan ini juga suka ada yang melakukan photo session termasuk foto prewed. Ya .. kita juga bisa ikut ikutan foto disini dengan mengambil angle angle yang bagus.




Di depan Gedung Bank Jabar di Braga, ternyata ada monumen Bandung Lautan Api ..



Dari Mulai museum Asia  Afrika, KM 0, ALUN ALUN, Monumen Penjara Banceuy dan Braga. Bisa sih ditempuh dengan jalan kaki. Jalan santai aja sambil melihat lihat dan menikmati kondisi sekitar.


MUSEUM MANDALA WANGSIT SILIWANGI
Museum Mandala Wangsit Siliwangi berada di Jl. Lembong, tidak jauh dari jalan Braga. Dekat dengan hotel Panghegar.  Di museum banyak koleksi barang barang militer, museumnya tidak terlalu besar . Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung kesini.









View Larger Map

A = Museum Sri Baduga     B = KM 0      C = Museum Asia Afrika
D = Alun Alun Bandung       E = Monumen Penjara Banceuy  
F = Jalan Braga                   G = Museum Mandala Wangsit Siliwangi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar