Sabtu, 14 Desember 2013

WISATA ALTERNATIF SEKITARAN BEKASI


Wisata di sekitaran Bekasi yang terbayang adalah melakukan wisata mall to mall. Sekarang mall di Bekasi tambah banyak dan keren keren, menarik untuk dikunjungi. Tapi di sekitaran Bekasi kita juga bisa melakukan wisata lain, termasuk wisata alam.

Trip wisata yang bisa dilakukan dalam sekali jalan (versi saya) adalah :


Secara administratif  beberapa tempat wisata tersebut masuk ke kabupaten Bogor. Tapi secara jarak, dekat sekali dari kota Bekasi daripada dari kota Bogor.

Lebih baik berangkat pagi pagi, selain jalanan lebih lancar, juga supaya tidak kesiangan sampai di daerah Bukit Klapa Nunggal. Tanya kenapa … 


CURUG PARIGI
Heran juga … di Bekasi ada curug ?
Supaya tidak penasaran dan heran mending dibuktikan deh.
Letaknya tidak jauh dari jalan Raya Narogong. Lebih tepatnya curug ini masuk ke area Cileungsi.
Dari jalan Raya Narogong masuk ke jalan yang diapit dua buah pabrik. Setelah melewati gedung pabrik, terhamparlah tanah merah yang sudah diratakan.. luas sekali. Tidak tahu ini bakalan jadi pabrik atau perumahan. Ikuti jalan tersebut sampai melewati perkampungan yang tinggal secuil yang sudah dikelilingi tanah merah yang sudah diratakan. Tidak jauh dari sana kita akan mendengan suara air yang cukup bergemuruh. Disanalah curug tersebut, namanya curug Parigi.

Curug ini memang bukan tempat destinasi wisata, bisa dikatakan sepi, paling ada orang yang menjala ikan atau mancing. Curug ini tingginya hanya sekitar 2 m tapi lebar.  Pada musim hujan debit airnya cukup besar. Berhubung sungai di daerah sini, maka airnya tidak bersih.. kecoklatan, masih untung sampahnya tidak terlalu banyak.

Dibagian sisi sebrang adalah Perumahan Vila Nusa Indah 5, tapi yang terlihat hanya tembok tembok belakang perumahan.  Kelihatannya akses ke curug ini kalau dari sisi seberang tertutup atau paling tidak sulit. Jadi akses yang termudah adalah dari sisi ini.
Tapi kedepannya, jika areal tanah merah ini jadi dibangun, mungkin akses ke sini akan tertutup juga.
Jadi nikmatilah sekarang selagi bisa.





BUKIT KLAPA NUNGGAL
Akses untuk masuk ke area ini jalanannya rusak dan banyak debu, karena Bukit Klapa Nunggal adalah area penambangan bahan baku pabrik semen Holcim. Banyak truk truk lalu lalang. Makanya lebih baik kesini saat masih pagi dan hari minggu, sehingga aktifitasnya sangat sedikit.

Bukit kapur yang sudah diobrak abrik ini, menurut saya merupakan tempat menarik untuk foto foto. Landscape-nya keren sekali. Disini juga ada beberapa gua. Pada area tertentu dijadikan sebagai sarana panjat tebing. Bahkan ada juga orang yang berkemah di daerah sini.
Jika datang kesini pada musim penghujan, maka harus baik baik pilih jalan di area bukit kapurnya, karena ada beberapa jalan yang jadi seperti kubangan kerbau.
Jalan disini banyak sekali cabang cabangnya, jadi tinggal di pilih dipilih aja ... hehe ..





PEMANDIAN ALAM SODONG
Perjalanan dilanjutkan lagi kedalam, melewati kampung kampung, komplek komplek perumahan. Jalannya tidak mulus, dibeberapa tempat berlobang lobang cukup besar. Kemudian kita akan melewati jalanan yang kanan kirinya sawah. Jalannya kadang rusak kadang mulus. Jalan ini mengarah ke kaki gunung di depan. Pada satu titik, kita akan melihat terdapat area bangunan yang sangat besar di sebelah kanan di tengah tengah sawah, nanti pulangnya kita akan kesana.


Jalanan kanan kiri sawah yang dilalui, cukup panjang, dan ketika jalanan mulai sedikit menanjak landai. Disini mulai ada rumah rumah besar semacam vila. Hebat … sudah merambah kesini juga ya …

Akhirnya kita tiba di suatu perkampungan dan disanalah ada Pemandian Alam Sodong, tepat di pinggir jalan utama. Areanya adem karena ada pohon besar. Tidak ada pungutan resmi disini, cukup bayar parkir dan kita bisa menyebur di air alam. Air ini keluar dari mata air yang ditutup oleh beton yang dicor.

Airnya dingin … segar … asyikkk .. mandi bersama turis turis lokal yang datang kesini.



BENTENG SODONG
Pulang dari pemandian kita mampir ke Benteng Sodong. Benteng Sodong ini (saya menyebutnya begitu) sebetulnya adalah area set shooting film. Dari jalanan kampung kita masuk lagi ke dalam ke tengah tengah sawah, jalanannya lebih hancur lagi disini … weleh weleh. Kasihan para artis lewat sini … hehe

Karena ini tempat shooting bukan tempat wisata, jadi kita bicara baik baik dengan penjaga yang menjaga gerbang utama area ini. Senyum senyum .., maka kita diperbolehkan masuk.

Didalam sini ada beberapa area set tempat shooting. Gedung gedungnya di bikin wah … pokoknya spektakuler deh ..termasuk pernak perniknya.  Ada beberapa jenis gedung benteng disini. Bentengnya gede gede benerrr.. bagus banget untuk photo photo, seperti ada di daerah mana … apalagi kalau kita pinjam sekalian baju set-nya … hehe ..
Kabarnya total areanya sekitar 25-an Ha, kebayang … besar sekali kan …  Salah satu sinetron yang shooting disini adalah serial Damarwulan.
Ayo datang kesini, siapa tahu anda dipilih oleh produser untuk jadi bintang film J





View Larger Map

A = Curug Parigi                B = Bukit Klapa Nunggal
C = Pemandian Sodong      D = Benteng Sodong

1 komentar:

  1. Min, untuk masuk ke lokasi shooting itu (benteng sodong) kira-kira boleh untuk umum ngga ya?
    Kayaknya keren2 itu spot fotonya.
    Untuk parkirnya gimana?
    Sama ada biaya masuk ngga?
    Terima kasih min..
    Tolong dibalas ya.

    BalasHapus