Minggu, 15 Desember 2013

Mengelilingi tempat wisata di seputaran Monas


Di area Monas – Tanah Abang ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi. Tempatnya cukup berdekatan sehingga tidak memerlukan perjalanan yang lama. Bisa melakukan wisata sejarah dan taman.
Dimulai dari wisata tekstil dan sejarah dan ditutup sore hari di taman Monumen Nasional (Monas) dengan berjalan jalan ditaman area terbuka menikmati suasana sore.



MUSEUM TEKSTIL
Museum ini terletak di Jl. Aipda K.S. Tubun No. 4 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Barat.
Letaknya agak sedikit tersembunyi oleh lapak pedagang di sekitar sini.

Koleksi kainnya banyak sekali ; ulos, songket, kain tenun dari daerah daerah serta berbagai kain batik. Juga terdapat koleksi kain dari luar negri. Selain itu juga di pamerkan alat alat yang berhubungan dengan industry tekstil.

Disini diadakan kursus singkat membatik, tidak hanya orang dewasa anak anakpun senang belajar membatik. Diajarkan proses menggambar/menjiplak, mencanting, hingga proses mewarnai kain Batik.
Untuk ikut kursus dikenakan biaya yang terjangkau.

Awalnya gedung ini adalah rumah pribadi seorang warga Perancis dan beberapa kali pindah kepemilikan dan akhirnya ditetapan menjadi museu tekstil. 

Untuk masuk kesini ada tiketnya, yang harganya sangat murah.





MUSEUM NASIONAL
Museum ini berada di sekitaran Monas, di Jalan Merdeka Barat 12. Orang biasanya menyebut Museum Gajah, karena terdapat patung gajah pemberian raja Thailand yang ditempatkan di halaman depan.

Koleksinya sangat banyak sekali, mulai dari koleksi prasejarah, keramik, tekstil dan lain lainnya. Semuanya menarik menarik. Di bagian tengah terdapat taman dan koleksi arca arca, disana suka ada orang yang duduk duduk santai sambil membaca buku, serasa dimana gitu ….

Untuk masuk kesini dikenakan biaya, tapi sangat murah.






MUSEUM TAMAN PRASASTI
Museum ini memang bekas pemakaman kuno yang berasal dari tahun 1795. Dahulunya seluas 5,9 hektar tapi  kini menyusut menjadi 1,3 hektar. Sekarang hanya menyisakan nisan nisannya. Karena jasad jasadnya sudah dipindahkan. Nisan nisan yang ada disini sebagian berasal dari pekuburan lain yang dipindahkan pada masa penjajahan Belanda, dinisan yang dipindahkan ditandai tulisan HK, Hollandsche Kerk.
Meskipun ini adalah kuburan tapi suasanya sangat berbeda dengan kuburan biasa pada umumnya. Nisan nisan memiliki desain yang artistik dari abad ke 17, 18 dan 19. Bahkan ada beberapa nisan memiliki tanda organisasi rahasia Freemason .

Sering komunitas fotographi melakukan pemotretan disni.
Salah satu yang pernah dimakamkan disini adalah aktivis mahasiswa Soe Hok Gie.
Juga ada peti yang pernah digunakan untuk membaringkn jasad Preside RI pertama Soekarno.

Museum ini terletak di di Jalan Tanah Abang No. 1. Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk.





MONUMEN NASIONAL
Pembagunan Monumen Nasional ini dimulai tahun 1959, dirancang oleh arsitek R.M. Soedarsono dan Friedrich Silaban (arsitek Mesjid Istiqlal) dan dibuka untuk umum sejak tahun 1975. Monumen ini dibuat untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

Memiliki tinggi 132 meter di puncaknya terdapat patung obor raksasa yang dilapisi emas 38 kg, dan sebagian besar emasnya adalah sumbangan saudagar aceh yang kaya Teuku Markam.

Pada gedung Monas-nya terdapat diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan kita dapat naik hingga ke atas menara dengan menggunakan lift.

Area komplek Monas ini sangat luas. Sore hari berada disini sangat nyaman dan menyenangkan, kita bisa memlih tempat yang sesuai selera.  Sambil memandangi matahri yang mulai tenggelam di antara gedung gedung pencakar langit. Banya k sekali aktifitas yang da[at dilakukan disini ; bermain layang laying, keliling monas naik andong,berjalan jalan di taman, berolah raga, dll.

Menurut kabar, bahwa terdapat sosok wanita di api obor monas. Sosok perempuan sedang duduk bersimpuh dengan gerai rambutnya yang panjang. Sosok ini akan terlihat jika melihatnya dari sudut arah istana Negara. Tapi saya pribadi tetap sulit untuk menangkap sosok tersebut.
Ayo … anda coba sendiri .. apakah itu memang benar …..






View Larger Map
A = Museum Tekstil                  B = Museum Taman Prasasti
C = Museum Nasional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar