Senin, 16 Desember 2013

Melipir ke Kota Baru Parahyangan – Museum Iptek dan Mesjid “The Best 5 World Building”


Saat travelling ke Bandung, cobalah melipir dulu ke Kota Baru Parahyangan. Lokasinya dekat sekali dari pintu keluar tol Padalarang. Kota Baru Parahyangan adalah hunian yang memiliki berbagai fasilitas layaknya hunian hunian besar, tapi bukan ini yang akan tuju. Kalau soal fasilitas mungkin banyak hunian lain yang lebih komplit dan wah. Disni kita bisa mengunjungi Museum Iptek dan masjid … ya masjid ini sangat layak untuk dikunjungi darena pernah mendapatkan pengghargaan dunia …. The Best 5 World Building of The Year 2011, masjid yang membuat kita wow … masjid ini menjadi fenomenal di luar negri, masa kita tidak datang kesana untuk membuktikan dan mengenalnya.




MUSEUM PUSPA IPTEK
Lokasi Museum ini di area pintu masuk Kota Baru Parahyangan.Namananya  Museum Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa IPTEK). Gedungnya unik dengan warna mencolok.  Gedung tersebut adalah sundial atau jam matahari terbesar di Asia Tenggara.

Parkir kendaraan ada di area seberangnya. Di dalam museum iptek ini banyak sekali peralatan yang dapat kita coba, sehingga sangat menarik dan menyenangkan bagi anak anak untuk mengekplorasi alat alat peraga yang ada disana. Peralatan tersebut menerapkan hukum hukum fisika dan ilmu pengetahuan lainnya, seperti ; kursi paku, sepeda melayang, bola melayang, dll-nya.Dimasing masing alat peraga ada petunjuk penggunaannya.

Disini terdapat toko souvenir yang menjual peralatan peraga yang dapat dicoba dirumah.
Tiket masuk Rp.12.000/orang.








MESJID AL IRSYAD
Dari museum Iptek, untuk menuju masjid ini, ikutin saja jalan utamanya. Kita akan melewati hotel disebelah kiri, terus saja. Lokasi masjid ada disebelah kanan. Karena bentuk mesjidnya tidak lazim mungkin kita bisa terlewat. Lokasi masjid ini ada di area  Al Irsyad Satya Islamic School.

Mesjid ini didesain oleh Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung periode 2013-2018).
dan mendapatkan penghargaan Penghargaan "The Best 5 World Building of The Year 2011” untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.  Mesjid ini juga ramah lingkungan dan berhasil mendapatkan penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Construction Information (BCI) Asia.
Bangunan masjid ini terinspirasi dari bentuk Kabah.
Mesjid ini benar benar menarik … membuat kita kagum … dan senang sekali berlama lama berada disini.
Lampu didalam masjid berbentuk kotak persegi berjumlah 99 yang akan memancarkan cahayanya membetuk siluet 99 Asma’ul Husna (Nama-nama Allah SWT).

Pada dinding masjid terdapat susunan batu bata yang membentuk kalimat syahadat raksasa. Efeknya sangat menakjubkan, pada siang hari sinar matahari memancar kedalam terlihat sangat artistic dan ketika malam hari sinar lampu didalam masjid memancar keluar … keren ..

Yang paling keren … menurut saya adalah bentuk mihrab-nya dan background dibelakangnya …  background pegunungan membuat kita takjub dan merasa kecil dengan kekuasaan Allah swt.

Mesjid ini benar benar keluar dari pakem pakem masjid seperti umumnya dan yang pasti mesjid ini memang layak untuk mendapatkan berbagai penghargaan.










View Larger Map
A = Tol Cipularang    
B = Museum Iptek                                C = Mesjid Al Irsyad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar